Posted by: ekosuryanti | March 12, 2007

Nonton Kuch-Kuch Hota Tai dari Lereng Bukit

Kenapa mesti nonton Kuch-Kuch Hotai dari Lereng Bukit ? Soalnya mungkin banyak tambahan dan pengurangannya. Kuch-kuch Hota Hai adalah sebuah film India yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan (Rahul Khaana), Kajol (Anjali Sharma), Rani Mukherjee (Tina Maholtra) dengan bintang tamu Salman Khan (Amar). Saya jamin setiap orang yang menonton film ini pasti akan meneteskan airmata. Yang jelas film ini tidak mengecewakan penontonnya, karena happy Ending. Film ini memadukan seni kontemporer dengan seni tradisional India. Di sana dipenuhi musik dan tarian lokal, juga ada dance modern. Dia menceritakan keabadian cinta. Di dalamnya dibumbui tahayul tentang bintang jatuh, barangsiapa berdoa pada saat bintang jatuh, maka Tuhan akan mengabulkan. Di dalamnya ditemui budaya toleransi agama dan budaya. Yang jelas golongan tua (nenek) sebagai pelestari budaya tradisional selalu tidak terima kalau budaya lokal tergusur budaya global.

Kisah ini diawali dengan kehidupan kampus dengan tokoh utama Anjali Sharma (?) dan Rahul Khaana. Rahul adalah seorang playboy kampus, sedangkan Anjali Sharma adalah seorang mahasiswi tomboy. Dua-duanya sama-sama punya hobby main basket. Anjali selalu memenangkan setiap lomba bola basket bila main basket melawan Rahul. Oleh karenanya Rahul selalu berusaha dengan cara curang sekalipun untuk memenangkan lomba. Keduanya selalu saja berantem, tapi lama-lama berteman. Anjali mulai merasa indahnya persahabatan itu.

Keakraban Rahul dan Anjali itu ditengarai oleh hadirnya seorang mahasiswi pindahan London yang kebetulan anak Profesor di kampus itu, Tina namanya. Pada awalnya yang terjadi persahabatan akrab antar tiga tokoh tadi. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah What is Love, and what is friendship. Ternyata Love bisa menjadi Friendship atau sebaliknya. Love is friendship.

Dasar Rahul mata keranjang. Pertama-tama dia jaga gengsi, tetapi ternyata dia betul-betul jatuh cinta. Sementara itu sesuatu yang tidak disadari Rahul telah terjadi, Anjali yang tomboy merasakan jatuh cinta yang pertama pada Rahul. Dia mulai belajar berdandan. Memang Anjali dan Tina adalah dua sosok yang bertolak belakang, Tina adalah sosok feminin, suka berdandan, sedangkan Anjali adalah gadis tomboy, apa adanya. Hubungan Rahul dan Anjali yang berawal dari permusuhan, persahabatan itu akhirnya berlanjut pada cinta Anjali.

Pada suatu malam Rahul ingin menyatakan cintanya kepada Tina, sedangkan Anjali ingin menyatakan cintanya pada Rahul. Rahul mengendap-endap rumah Profesornya, Maholtra untuk menyatakan cintanya pada Tina, tetapi belum sempat tersampaikan. Dia harus lari-lari menghindari Bapaknya Tina. Di jalan dia bertabrakan dengan Anjali. Kata cinta yang harus diucapkan di depan Tina itu terucap di depan Anjali. Itulah yang meninggalkan luka yang dalam bagi Anjali sampai Anjali harus pindah kampus. Hanya sebuah selendang merah yang dia berikan kepada Rahul dan Tina sebagai kenang-kenangan.

Rahul dan Tina akhirnya menikah tanpa kehadiran Anjali. Begitu Tina melahirkan bayi pertamanya, dia harus meninggal dunia, sehingga anaknya diasuh oleh Rahul sendiri. Sampai beberapa tahun Rahul masih memuja perkawinannya. Dia berpendapat bahwa “Menikah itu sekali, seperti hanya Hiduppun sekali“. Tina hanya meninggalkan sebuah surat dan kado kepada anak bayinya, surat dan kado tersebut tidak boleh diberikan sebelum anaknya berumur 7/8 tahun. Sebagai penghargaan Tina atas pengorbanan cinta Anjali, maka anaknya dinamakan Anjali. Anjali selalu menangis bila diminta menceritakan Ibunya.

Anjali kecil sekarang telah berumur 7 tahun dan akan merayakan hari ulang tahunnya. Dia menangis sedih karena ulangtahunnya tidak dihadiri oleh ibunya. Ketika dia membaca suratnya, dia mengerti bahwa dia diberi tugas oleh almarhumah Ibunya untuk menemukan Anjali dewasa untuk dijodohkan dengan Ayahnya. Kemudian dia dibantu neneknya berusaha menelusuri jejak-jejak Anjali Sharma.

Setelah ditelusuri ternyata dia sudah mau tunangan dengan Amar (Salman Khan). Terlihat dari wajah Anjali itu tampak tidak ada wajah cinta, sepertinya hanya mematuhi orangtuanya. Anjali kecil sangat kecewa mendengar pertunangan ini. Anjali kecil berharap bisa bertemu dengan Anjali dewasa.

Pada suatu hari ada Perkemahan Musim Panas di suatu tempat. Anjali kecil memaksa ikut walaupun Bapaknya melarang. Neneknya justru mendukung keinginan Anjali ini. Kebetulan Rahul sedang ada pertemuan bisnis di London.

Dilarang ataupun tidak, Anjeli kecil ditemani Neneknya berhasil tiba di Perkemahan Musim Panas. Tak dinyana-nyana dia di sana bertemu dengan Anjali dewasa. Anjali dewasa belum tahu kalau anak perempuan itu adalah anak Rahul. Baru ketika Anjali meminta semua peserta Camping menulis cerita tentang Ibunya. Anjali kecil hanya menangis karena Ibunya telah meninggal. Anjali melihat sebuah foto yang dibawa oleh anak itu, barulah dia tahu kalau Anjali kecil adalah anak Tina dan Rahul.

Sementara itu Rahul sudah tidak sabar bertemu anak semata wayangnya, Anjali Kecil. Rahul segera menyusul ke Perkemahan. Di sinilah Rahul bertemu kembali dengan Anjeli Sharma. Anjali sendiri sudah bertunangan dengan Amar, sedangkan di hatinya masih mencintai Rahul. Suatu dilema terjadi. Kuch-Kuch Hota Hai, Sesuatu telah terjadi yang tidak kau sadari. Bintang jatuh adalah saksi kedua doa mereka.

Anjeli kecil berusaha menggagalkan pernikahan Amar dan Anjeli dewasa. Dan akhirnya berhasil. Anjali dewasa berhasil menikah dengan Rahul tanpa kemarahan Amar. Amar adalah laki-laki berjiwa besar yang mau menerima kenyataan bahwa cinta sejati dan cinta pertama Anjali adalah Rahul. Kisah ini berakhir dengan kebahagiaan semua orang.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: