Posted by: ekosuryanti | May 13, 2007

Ketika Salju Turun di Atas Atap

 

In our life, there must be understanding to other….Just understanding to againts war because of diversity. We often meet people from other cultural. Someone must explain every difference with just understanding. We can’t mix milk and sampanye, but we can’t let them on one table. Peace must run, without war. Diversity is art, not to war…….God have commanded us to understood and introduced each others.

Butir-butir salju lembut bertaburan hinggap di atap rumah, dedaunan, bebatuan dan hampir seluruh hamparan bumi di Jepang bagaikan embun-embun yang membeku. Demikian pula dengan batang sakura. Salju putih, putih sekali seputih kulit gadis-gadis Jepang. Sungai Oshin mengalir bening. Gubugnya yang dulu menjadi tempat shooting film Oshin pun masih tampak kokoh, padahal film tersebut sudah lama dibuat. Jendela-jendela mulai terang. Tampak bayangan-bayangan manusia-manusia yang sedang mengobrol di sebuah ruangan. Sayup-sayup terdengar alunan musik klasik.

Seorang remaja Indonesia tinggal bersama keluarga Jepang. Salah seorang remaja sebuah SMU Muhammadiyah di Yogyakarta itu harus menjalani hidup bersama orang-orang Jepang selama kurang lebih setahun sebagai resiko dia telah lulus tes penyaringan duta pertukaran pelajar setingkat SMU. Yah, suatu kebanggaan dan suatu tantangan hidup. Dia harus hidup di lingkungan dengan budaynya berbeda.

Sebagai seorang muslim, dia harus menjalani ibadah dari sholat, puasa, membaca Al Quran, dan lain-lainnya di tengah remaja-remaja Jepang yang non muslim. Walaupun ada banyak perbedaan budaya, yang tampak dari orang-orang Jepang adalah etos kerja, mau belajar, cinta kebersihan. Sebenarnya karakter orang muslim itu sudah betul-betul mendekati aklaqul karimah, orang-orangnya ulet, tekun, suka bekerja keras, cerdas, unggul, hanya saja bedanya mereka suka minum sampanye.

Ketika dia masuk ke sebuah ruangan kelas, dia harus menyopot sepatu, sehingga di kelas dia memakai kaos kaki. Ruangan kelas bersih, di luar sana bunga-bunga sakura bermekaran, kadang-kadang jatuh tertiup angin. Kedisiplinan murid dan guru-gurunya. Baleho-baleho juga tidak boleh menutupi wajah asli kota. Jika pergi ke Kyoto yang nampak adalah aura inner beauty-nya.

Tentu saja pada hari-hari tertentu dia harus melihat sampanye di meja makan. Sebagai seorang remaja yang jauh dari keluarga tentu dia bebas mau melakukan apa saja, apakah dia harus mengikuti arus atau tidak. Seperti anak-anak muda yang lain tentu suka hura-hura, tetapi dia lain. Setiap harinya dia lebih memilih segelas susu segar daripada sampanye. Dan dia harus memberi pengertian itu kepada siapa saja kepada orang-orang Jepang bahwa dia tidak boleh minum sampanye dan sejenisnya, semuanya dengan Just Understanding………….Susu adalah minuman yang menyehatkannya, bukan sampanye. Susu yang putih seperti salju musim dingin saat itu.

Sampanye bisa di atas meja, tetapi etos kerja orang-orang Jepang memang patut dicontoh. Kaki-kaki memakai kaos kaki di dalam ruang kelas yang bersih. Guru-guru yang bertanggungjawab dan profesional. Pekerja-pekerja yang ulet, tekun, dan cerdas. Mereka menjalani hidup dengan penuh dinamis.

Sampanye bisa di atas meja, tetapi etos kerja orang-orang Jepang memang patut dicontoh. Kaki-kaki memakai kaos kaki di dalam ruang kelas yang bersih. Guru-guru yang bertanggungjawab dan profesional. Pekerja-pekerja yang ulet, tekun, dan cerdas. Mereka menjalani hidup dengan penuh dinamis.

Pernah juga ketika berkunjung ke rumah orang Jepang, dia melihat barang menarik di rumahnya, terus dia memuji barang itu, e malah barang itu dikasihkan. Biarpun sifat orang Jepang demikian, jangan cari-cari kesempatan.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: