Posted by: ekosuryanti | September 28, 2007

Anak Muda JOGJA yang Anti Nge “DRUG”

antinarko.jpgNAPZA (Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) adalah bahan/zat/obat yang bila masuk ke dalam tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak / susunan syaraf pusat, sehingga menyebankan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosialnya karena terjadi kebiasaan, ketagihan dan ketergantungan.Banyak orang-orang berpotensi dalam meningkatkan kualitas hidupnya justru tenggelam dalam rayuan maut NAPZA. Apa tidak takut dengan karir yang cemerlang, wajah menjadi kelihatan sangat tua, mata tidak ada cahaya kehidupan. Sebut saja Revaldo, Gogon, Fariz RM, Roy Marten, Paul, bahkan ada yang sudah dibunuh oleh NAPZA, seperti Alda. Akan tetapi kasus-kasus tersebut masih kurang menyadarkan masyarakat. antinarko21.jpgKasus demi kasus terjadi di kalangan selebritis, tetapi itu tidak menjadi cambuk.

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang memiliki banyak SDM generasi muda. Kota pelajar, kota budaya, kota wisata telah lama pula disandang. Predikat tersebut semestinya dipertahankan hingga di zaman globalisasi nanti. Banyak sekali kemudahan bagi para perantau yang ingin tinggal di kota Yogyakarta ini, standard kehidupan yang murah, asrama-asrama, tempat kost-kostan.

Berjibunnya pendatang-pendatang yang semakin memadati kota Yogyakarta memberikan banyak dampak ekonomi, tetapi juga bisa menjadi bumerang, termasuk di dalamnya perdagangan narkoba. Nafza akan menenggelamkan kota ini, apabila tidak ada usaha-usaha pencegahan dan penyelamatan. Perlu ada bimbingan dan pengarahan dari Polisi, Pemda, Guru-guru tentang NAPZA ini sebelum mencengkeram kehidupan generasi muda Yogyakarta. Sosialisasi bisa melalui pemasukan materi tentang napza ke dalam buku-buku pelajaran. Pengawasan dari ortu juga perlu diperketat lagi untuk urusan drug ini, karena begitu ketahuan sulit mengembalikan generasi muda ke dalam dunia yang indah. Anak muda harus sadar dan mengerti tentang NAPZA agar bisa menjaga diri.

berantas.jpg

NAPZA semakin merajalela. Jenis-Jenis NAPZA yang sering disalahgunakan : 1. Narkotika adalah zat atau obat yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Keterangan lebih lanjut mengenai NAPZA dan penanganan di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dilihat pada NAPZA, tributed by Dr Widya, RS GRASIA


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: