Posted by: ekosuryanti | December 17, 2007

Request Time (Prologue)

sepeda.jpg Roda-roda sepeda gunung melaju kencang di atas aspal Jalan Ring Road Utara. Seorang anak muda berkulit coklat bersih dengan rambut cepak tertutup topi menggenjot pedal sepeda itu hingga melelehlah keringat di sekujur tubuhnya. Baju basah berbau keringat Mie Instan itu terasa menyengat. Agung, biasa teman-teman memanggilnya

Hari itu hari pertama masuk kuliah arkeologi. Dia tidak mau terlambat pada hari pertama kuliahnya ini. Segera saja dia lemparkan sepedanya ke ruang parkir dengan cueknya. Dia begitu bangganya ikut club Bike to Campus. Terserah mahasiswa yang lainnya, mau naik mobil, atau motor. Peduli amat. Walaupun dia akan dicap sebagai mahasiswa kere. That’s no why.

Beberapa temannya sudah datang dan duduk di depan kampus. Mereka bergaya macem-macem. Ada yang masih bergaya Gugun Gondrong, ada yang bergaya seperti Christian Sugiono, ada yang bergaya kayak Delon, pokonya macem-macem. Yang cewek begitu juga, ada yang niru Zazkia Adya Mecca, ada yang niru Agnes Monica, tapi ada juga yang bergaya seperti Tukul Arwana.

“Bayou, lue itu kalau gue lihat wajahnya kayak Christian, apa nggak kesasar tuh masuk sini………………..” celetuk Damar, seorang mahasiswa dari Jakarta tulen, “…..atau mau masuk ke tempat yang lain nggak keterima, terus masuk sini…………………….soalnya kalau penggalian nanti badanmu pasti coklat-coklat, habis sunblog berapa kilo kamu………………”

“Huss, kurang ajar, aku di sini karena memang aku suka dengan keklasikan………………..” kata Bayu sewot.”Kamu kali yang kepaksa, gayamu aja kayak gitu, di Jakarta nggak keterima tuh…..”

Baru asyik-asyiknya ngobrol, seorang lelaki setengah tua masuk, rambutnya coklat bergelombag dan berkaca mata tebal, pipinya tebal. Sekilas mirip patung Gadjah Mada.

“Masuk.. masuk” teriak Senthot, ketua angkatan.

“Iyo..iyo, gitu aja ngotot…………..”seloroh teman-temannya.

Semua mahasiswa berebutan mencari duduk yang tidak terlalu dekat dengan dosen. Pak dosen hanya melirik saja hingga mereka duduk semua.

“Selamat datang, saya bingung mau manggil anak-anak atau saudara-saudara, soalnya sudah jadi mahasiswa kok kelakuannya masih kayak anak-anak……..tapi nggak pa pa, anak Bapak juga kayak kalian. Perkenalkan nama Bapak, Karyadi, yang akan mengajar kalian pengantar arkeologi, gampang syarat lulus dalam kuliah ini yang penting rajin kuliahnya, punya catatan, ujiannya bagus, dan tugasnya tidak pernah lupa, enak kan…………….”

Semuanya hanya diam, mau tertawa takut kalau salah.

“Ayo tertawalah jika ingin tertawa, tidak usah sungkan……………………..”

Semuanya baru tertawa.

Kemudian ada yang tanya,”Pak, Bapak merasa tidak wajah Bapak mirip seseorang yang kami lihat di buku sejarah di SMU………..siapa hayo?”

“Tidak, menurut Bapak, wajah Bapak itu ya mirip Bapaknya Bapak……” jawab Pak Karyadi.

“Itu sih nggak ada yang nanya Pak, maksudnya bintang film siapa?” seloroh Ito.

“Bapak mirip Patih Gadjah Mada Pak……., kapan Bapak bersumpah Palapa?”celetuk Haryanto.

“Oh, beneran nih, wah harus dibikin jenang nih….he…he..” jawab Pak Karyadi. Kemudian Pak Karyadi menerangkan hal-hal pokok tentang kuliahnya.

“Ngomong-ngomong, habis ini jamnya Kencono Wungu ya?” tanya Pak Karyadi.

“Loh, siapa itu? Bukan, khan Ibu Larasati ?” tanya Agung dengan polosnya.

“Bukan, maksud Pak Karyadi itu, Bu Larasati itu ya kencono Wungu, karena dia itu killer, tau” jawab Bobit.

“ooooooooooooooooo…” sekelas hanya bilang o seperti paduan suara.

“Huuz, sudah, Bapak hari ini sudah dulu…nanti Bapak bisa dilempar sepatu sama Kencono Wungu…….” canda Pak Karyadi.

“Maaf lo Pak, emang begitu Pak, enggak tuh. Bu Larasati itu baik loh, kadang-kadang aja nggak pada disiplin, dikasih pelajaran malah pada ngobrol, nggosip, bersolek……………..” bela Esa, seorang mahasisiwi baru.

Pak Karyadi segera bergegas pergi, ternyata masih ada yang membela musuh besarnya itu.

Tak seberapa lama, datanglah sesosok tubuh perempuan dengan pakaian serba etnik masuk ke ruang kelas.  Tak satupun mahasisiwa yang berani bergerak. Bergerak sedikit bisa diusir dari ruang kelas.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: